PENANGANAN PELAYANAN JASA STUFFING IN DI DEPO PETI KEMAS PT TANTO INTIM LINE CABANG JAKARTA UTARA
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu penanganan pengelolaan stuffing di depo peti kemas dan pelayanan jasa stuffing In yang terlalu lama. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan dimensi kualitas jasa pada layanan stuffing-in di Depo PT. Tanto Intim Line Cabang Jakarta Utara; 2) Bagaimana faktor yang mempengaruhi penanganan pengelolaan stuffing-in; 3) Penanganan yang ditawarkan untuk menunjang kegiatan stuffing-in.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dimaksudkan untuk memberikan gambaran mengenai optimalisasi yang ditunjang dengan implementasi dimesi kualitas jasa pada layanan stuffing. Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan pada Maret 2024 sampai Mei 2024. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah penerapan dimensi kualitas jasa yang digunakan pada layanan stuffing-in di depo peti kemas PT Tanto Intim Line Cabang Jakarta Utara dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah reliabilitas, daya tanggap (responsiveness), jaminan, empati. Teridentifikasi tidak adanya penataan blok stacking full yang jelas untuk bagian stuffing in, kurangnya stok kontainer yang tersedia dan lahan untuk kegiatan stuffing in. Penanganan yang ditawarkan untuk menunjang kegiatan stuffing-in di depo peti kemas PT Tanto Intim Line Cabang Jakarta Utara adalah Pembuatan Stok kontainer demi menunjang kelancaran stuffing in dan melakukan penataan ulang untuk blok stacking full dan blok stuffing in di Depo Peti Kemas PT. Tanto Intim Line Cabang Jakarta Utara.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aida Irmawati. (2015). Peran Human Resource Development (Hrd) Dalam
Meningkatkan Produktivitas Karyawan Di Pt. Yanasurya Bhaktipersada. Aplikasi
Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi, 18(2), 123–129.
https://doi.org/10.30649/aamama.v18i2.39
Darmanto, A. (2016). Optimalisasi Sumber Pendapatan Asli Daerah Dalam Pelaksanaan
Otonomi Daerah Di Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(1),
–25. https://ejournal.hi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-
content/uploads/2016/01/JURNAL (01-13-16-01-11-25).pdf
DAYANA, W. O. F. (2022). ANALISIS PENERAPAN DEMURRAGE DALAM PROSES BONGKAR MUAT DI PT TEMAS SHIPPING CABANG MAKASSAR. POLITEKNIK ILMU PELAYARAN MAKASSAR, 2(1), 1–4.
http://www.ifpri.org/themes/gssp/gssp.htm%0Ahttp://files/171/Cardon - 2008 -
Coaching d’équipe.pdf%0Ahttp://journal.um-
surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysi
an-palm-oil-industry/%0Ahttps://doi.org/10.1080/23322039.2017
Didin, F., & Anang, F. (2019). Pemasaran Jasa: Strategi, Mengukur Kepuasan, dan
Loyalitas Pelanggan. In Yogyakarta, Penerbit Deepublish,.
Feryan Mey Langga, Sudirman, & Setiono, B. A. (2022). Analisis Faktor Penghambat
Stuffing In pada Pemuatan Barang di Depo Petikemas PT. Sarana Bandar Nasional
Surabaya. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan, 12(2), 122–131.
https://doi.org/10.30649/japk.v12i2.84
Harmadji, D. E., Sidjabat, S., Effendi, N. I., Mardianto, D., Pratama, Y., Harahab, D. F.,
Utami, R. D., Guntarayana, I., Tarigan, B. A., Meigawati, I., Kusumajaya, R. A.,
Andi, T., & Putra, E. (2022). MANAJEMEN PEMASARAN JASA (KONSEP
DASAR) (1st ed.). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Jannatul Aulia, & Bashori. (2024). Penyusunan_Kerangka_Berpikir_Dalam_Penelitian.
Univeristas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, 1–5.
Maritza, E. J. R. (2023). Analisis Penanganan Perkara Tindak Pidana Kekerasan
Terhadap Anak Dibawah Umur Studi Kasus Perkara Nomor
/Pid.Sus/2023/Pn.Bil. Perkara Tindak Pidana Kekerasan Terhadap Anak
Dibawah Umur Studi Kasus Perkara Nomor 51/Pid.Sus/2023/Pn.Bil, 13–30.
Michael Simanjuntak, MS and Mudayat, M. (2023). ANALISIS PENGHAMBAT
STUFFING IN TERHADAP PETIKEMAS TANJUNG BATU PT MITRA
DHARMA LAKSANA SURABAYAANALISIS PENGHAMBAT STUFFING IN
TERHADAP PETIKEMAS TANJUNG BATU PT MITRA DHARMA
LAKSANA SURABAYA. (2023). Jurnal Manajemen Transportasi Dan Logistik.
http://re. Jurnal Manajemen Transportasi Dan Logistik.
http://repositori.stiamak.ac.id/id/eprint/470
Najla Saifana, Gaizka Aqshal Razzandi Suryaningrat, Tesar Agnia Arifian, & Maulana
Ikhsan Yazid. (2023). Analisis dari Prosedur Kegiatan Stuffing Pada Area 225X PT
IPC Terminal Petikemas Area Tanjung Priok. Serat Acitya, 12(1), 133–139.
https://doi.org/10.56444/sa.v12i1.607
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). A Conceptual Model of Service
Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing, 49(4), 41.
https://doi.org/10.2307/1251430
Pardede, P. D. K., Tafonao, D. J., & Buulolo, E. E. (2021). Optimalisasi Penggunaan
Dana Desa DalamPembangunan Desa Lolosoni Kecamatan GomoKabupaten Nias
Selatan 2019/2020. Jurnal Governance Opinion, 6(2), 78–89.
Pranyoto, Riyanto, Kundori, & I Nyoman Gede Muliawan. (2020). Optimalisasi
Relokasi Petikemas Di Pelabuhan Tanjung Perak Dalam Menunjang Kegiatan
Bongkar Muat Pada PT. ABC. Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim, 2(2),
–40. https://doi.org/10.51578/j.sitektransmar.v2i2.26
Prima, N. I., Sujiono, S., & Sumarsono, H. (2018). Pentingnya Penerapan Model Service
Quality (Servqual) Dalam Perbaikan Kualitas Layanan Jasa Pengiriman Barang
Pada Kantor Pos Ponorogo. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan
Akuntansi, 2(2), 50. https://doi.org/10.24269/iso.v2i2.190
Romadhon, Y. (2018). Optimalisasi Pelabuhan Tanjung Priok Menuju Pelabuhan
Berkelas Dunia. Jurnal Logistik Indonesia, 2(1), 37–43.
https://doi.org/10.31334/jli.v2i1.217
Suryantoro, B., Punama, D. W., & Haqi, M. (2020). Tenaga Kerja, Peralatan Bongkar
Muat Lift on/Off, Dan Efektivitas Lapangan Penumpukan Terhadap Produktivitas
Bongkar Muat Peti Kemas. Jurnal Baruna Horizon, 3(1), 156–169.
https://doi.org/10.52310/jbhorizon.v3i1.41
Thoni Moh. Munir, F. X. Adi Purwanto, H. (2012). OPTIMALISASI STUFFING
DALAM TERHADAP KELANCARAN PEMUATAN PETI KEMAS KE KAPAL
DI DEPO PETI KEMAS TANJUNG TEMBAGA PT.MERATUS LINE
SURABAYA. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan Universitas Hang
Tuah Surabaya., 3.
Wiwik Sulistiyowati, ST., M. . (2018). BUKU AJAR KUALITAS LAYANAN: TEORI
DAN APLIKASINYA. UMSIDA PRESS.
DOI: https://doi.org/10.62826/muara.v8i1.96
Refbacks
- There are currently no refbacks.