PENANGANAN PELAYANAN JASA STUFFING IN DI DEPO PETI KEMAS PT TANTO INTIM LINE CABANG JAKARTA UTARA

Noviana Puspitasari, Farhan Wistriandi Ananda Murti

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini yaitu penanganan pengelolaan stuffing di depo peti kemas dan pelayanan jasa stuffing In yang terlalu lama. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan dimensi kualitas jasa pada layanan stuffing-in di Depo PT. Tanto Intim Line Cabang Jakarta Utara; 2) Bagaimana faktor yang mempengaruhi penanganan pengelolaan stuffing-in; 3) Penanganan yang ditawarkan untuk menunjang kegiatan stuffing-in.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dimaksudkan untuk memberikan gambaran mengenai optimalisasi yang ditunjang dengan implementasi dimesi kualitas jasa pada layanan stuffing. Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan pada Maret 2024 sampai Mei 2024. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini adalah penerapan dimensi kualitas jasa yang digunakan pada layanan stuffing-in di depo peti kemas PT Tanto Intim Line Cabang Jakarta Utara dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah reliabilitas, daya tanggap (responsiveness), jaminan, empati. Teridentifikasi tidak adanya penataan blok stacking full yang jelas untuk bagian stuffing in, kurangnya stok kontainer yang tersedia dan lahan untuk kegiatan stuffing in. Penanganan yang ditawarkan untuk menunjang kegiatan stuffing-in di depo peti kemas PT Tanto Intim Line Cabang Jakarta Utara adalah Pembuatan Stok kontainer demi menunjang kelancaran stuffing in dan melakukan penataan ulang untuk blok stacking full dan blok stuffing in di Depo Peti Kemas PT. Tanto Intim Line Cabang Jakarta Utara.


References


Aida Irmawati. (2015). Peran Human Resource Development (Hrd) Dalam

Meningkatkan Produktivitas Karyawan Di Pt. Yanasurya Bhaktipersada. Aplikasi

Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi, 18(2), 123–129.

https://doi.org/10.30649/aamama.v18i2.39

Darmanto, A. (2016). Optimalisasi Sumber Pendapatan Asli Daerah Dalam Pelaksanaan

Otonomi Daerah Di Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(1),

–25. https://ejournal.hi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-

content/uploads/2016/01/JURNAL (01-13-16-01-11-25).pdf

DAYANA, W. O. F. (2022). ANALISIS PENERAPAN DEMURRAGE DALAM PROSES BONGKAR MUAT DI PT TEMAS SHIPPING CABANG MAKASSAR. POLITEKNIK ILMU PELAYARAN MAKASSAR, 2(1), 1–4.

http://www.ifpri.org/themes/gssp/gssp.htm%0Ahttp://files/171/Cardon - 2008 -

Coaching d’équipe.pdf%0Ahttp://journal.um-

surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysi

an-palm-oil-industry/%0Ahttps://doi.org/10.1080/23322039.2017

Didin, F., & Anang, F. (2019). Pemasaran Jasa: Strategi, Mengukur Kepuasan, dan

Loyalitas Pelanggan. In Yogyakarta, Penerbit Deepublish,.

Feryan Mey Langga, Sudirman, & Setiono, B. A. (2022). Analisis Faktor Penghambat

Stuffing In pada Pemuatan Barang di Depo Petikemas PT. Sarana Bandar Nasional

Surabaya. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan, 12(2), 122–131.

https://doi.org/10.30649/japk.v12i2.84

Harmadji, D. E., Sidjabat, S., Effendi, N. I., Mardianto, D., Pratama, Y., Harahab, D. F.,

Utami, R. D., Guntarayana, I., Tarigan, B. A., Meigawati, I., Kusumajaya, R. A.,

Andi, T., & Putra, E. (2022). MANAJEMEN PEMASARAN JASA (KONSEP

DASAR) (1st ed.). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Jannatul Aulia, & Bashori. (2024). Penyusunan_Kerangka_Berpikir_Dalam_Penelitian.

Univeristas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, 1–5.

Maritza, E. J. R. (2023). Analisis Penanganan Perkara Tindak Pidana Kekerasan

Terhadap Anak Dibawah Umur Studi Kasus Perkara Nomor

/Pid.Sus/2023/Pn.Bil. Perkara Tindak Pidana Kekerasan Terhadap Anak

Dibawah Umur Studi Kasus Perkara Nomor 51/Pid.Sus/2023/Pn.Bil, 13–30.

Michael Simanjuntak, MS and Mudayat, M. (2023). ANALISIS PENGHAMBAT

STUFFING IN TERHADAP PETIKEMAS TANJUNG BATU PT MITRA

DHARMA LAKSANA SURABAYAANALISIS PENGHAMBAT STUFFING IN

TERHADAP PETIKEMAS TANJUNG BATU PT MITRA DHARMA

LAKSANA SURABAYA. (2023). Jurnal Manajemen Transportasi Dan Logistik.

http://re. Jurnal Manajemen Transportasi Dan Logistik.

http://repositori.stiamak.ac.id/id/eprint/470

Najla Saifana, Gaizka Aqshal Razzandi Suryaningrat, Tesar Agnia Arifian, & Maulana

Ikhsan Yazid. (2023). Analisis dari Prosedur Kegiatan Stuffing Pada Area 225X PT

IPC Terminal Petikemas Area Tanjung Priok. Serat Acitya, 12(1), 133–139.

https://doi.org/10.56444/sa.v12i1.607

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). A Conceptual Model of Service

Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing, 49(4), 41.

https://doi.org/10.2307/1251430

Pardede, P. D. K., Tafonao, D. J., & Buulolo, E. E. (2021). Optimalisasi Penggunaan

Dana Desa DalamPembangunan Desa Lolosoni Kecamatan GomoKabupaten Nias

Selatan 2019/2020. Jurnal Governance Opinion, 6(2), 78–89.

Pranyoto, Riyanto, Kundori, & I Nyoman Gede Muliawan. (2020). Optimalisasi

Relokasi Petikemas Di Pelabuhan Tanjung Perak Dalam Menunjang Kegiatan

Bongkar Muat Pada PT. ABC. Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim, 2(2),

–40. https://doi.org/10.51578/j.sitektransmar.v2i2.26

Prima, N. I., Sujiono, S., & Sumarsono, H. (2018). Pentingnya Penerapan Model Service

Quality (Servqual) Dalam Perbaikan Kualitas Layanan Jasa Pengiriman Barang

Pada Kantor Pos Ponorogo. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan

Akuntansi, 2(2), 50. https://doi.org/10.24269/iso.v2i2.190

Romadhon, Y. (2018). Optimalisasi Pelabuhan Tanjung Priok Menuju Pelabuhan

Berkelas Dunia. Jurnal Logistik Indonesia, 2(1), 37–43.

https://doi.org/10.31334/jli.v2i1.217

Suryantoro, B., Punama, D. W., & Haqi, M. (2020). Tenaga Kerja, Peralatan Bongkar

Muat Lift on/Off, Dan Efektivitas Lapangan Penumpukan Terhadap Produktivitas

Bongkar Muat Peti Kemas. Jurnal Baruna Horizon, 3(1), 156–169.

https://doi.org/10.52310/jbhorizon.v3i1.41

Thoni Moh. Munir, F. X. Adi Purwanto, H. (2012). OPTIMALISASI STUFFING

DALAM TERHADAP KELANCARAN PEMUATAN PETI KEMAS KE KAPAL

DI DEPO PETI KEMAS TANJUNG TEMBAGA PT.MERATUS LINE

SURABAYA. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan Universitas Hang

Tuah Surabaya., 3.

Wiwik Sulistiyowati, ST., M. . (2018). BUKU AJAR KUALITAS LAYANAN: TEORI

DAN APLIKASINYA. UMSIDA PRESS.




DOI: https://doi.org/10.62826/muara.v8i1.96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.