PELAYANAN PENUMPANG PADA KM DHARMA KARTIKA II PT DHARMA LAUTAN UTAMA DI PELABUHAN TANJUNG PERAK SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1). untuk mengetahui pelayanan penumpang kapal. 2). Untuk mengetahui penyebab keterlambatan keberangkatan kapal 3). Untuk mengetahui penumpang memilih jasa angkutan KM. Dharma Kartika II.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripstif dilaksanakan di PT Dharma Lautan Utama Surabaya selama tiga bulan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang telah terkumpul oleh peneliti kemudian dilakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Sedangkan informasi dalam penelitian ini adalah Staf Layanan Jasa PT. Dharma Lautan Utama Cabang Perak.
Hasil penelitian ini adalah : 1). Fasiitas Pelayanan pada kapal KM. Dharma Kartika II KM. Dharma Kartika II juga menyediakan beberapa ruangan seperti ruang difabel, ruang ibu menyusui, ruang merokok, ruang informasi, ruang cafetaria, ruang bermain anak dan ruang bersantai. Proses peningkatan pelayanan kualitas fasilitas dan pelayanan berjalan lancar dan mengalami peningkatan layanan kebersihan, Layanan pemutaran Televisi, Layanan makan, Layanan hiburan, Layanan paket Welcome, Layanan Laundry di atas kapal 2) Faktor keterlambatan keberangkatan kapal disebabkan oleh: Keterbatasan Dermaga karena Panjang 40 km, lebar 100 m dan kedalaman 9,5m. keterbatasan area dermaga ini tidak sebanding dengan banyaknya kapal yang bersandar, Cuaca buruk, Proses pemuatan dan pembongkaran dan Keterlambatan kedatangan penumpang 3) Faktor -faktor pertimbangan penumpang memilih angkutan KM. Dharma Kartika II. Jadwal keberangkatan, Kenyamanan kapal, Rute pelayaran, Keamanan, Harga tiket.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Batti, Pieter, 1995, “Dasar-dasar peraturan keselamatan pelayaran”.
BP3IP, 2003, “Manajemen Keselamatan Pelayaran Internasional”, Koperasi Pegawai Sejahtera : Jakarta.
Imam, Buana Cahyadi 2022 Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Kmp Dln Rute Oasis Lombok-Surabaya. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram
Moloeng, Lexy J, 2004, “Metode Penelitian Kualitatif”, Rosda : Bandung. Nasution, 2003, “Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif”, Tarsito : Bandung. Nazir, 1988. “Metode Penelitian”, Galia Indonesia : Jakarta.
Poerwadarminto, 2002, “Kamus Besar Bahasa Indonesia”, Depdiknas, edisi III,Media Pustaka : Jakarta.
Salim, Abbas, 1995, “Manajemen pelayaran niaga dan pelabuhan”, Pustaka Jaya Jakarta.
Sudjadmiko, 2000, Beberapa Pengertian Dibidang Pengawasan, GhaliaIndonesia, Jakarta.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif) . Cv Allfabeta Bandung
Sugiyono,1999. Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung
Sugiono, 1985, “kamus istilah pelayaran”, Depdikbud : Jakarta.
Suryono Budi 2013 Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Nilai Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Mediasi (Studi Kasus PO. Bus Safari Dharma Raya Temanggung)
Sujarweni, V. Wiratna 2014, Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami, Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
DOI: https://doi.org/10.62826/muara.v8i1.93
Refbacks
- There are currently no refbacks.