STRATEGI PELAYANAN JASA KEAGENAN KAPAL DI PELAYARAN NASIONAL INDONESIA CABANG BATAM

Sri Dweni Astuti, Joko Tri Haryanta, Dwi Nuryani

Abstract


Pelayanan jasa keagenan kapal telah berjalan dengan baik, namun masih ditemui permasalahan diantaranya ialah: kurangnya keamanan dalam pelayanan jasa keagenan, adanya keterlambatan dalam pelayanan jasa keagenan, adanya keterlambatan proses bongkar muat, terlambatnya kapal berangkat, dokumen- dokumen yang dibutuhkan kurang dan biaya yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi pelayanan jasa keagenan pada kapal; 2) Untuk mengetahui teknik dan strategi pengembangan usaha jasa pelayanan keagenan kapal; dan 3) Untuk mengetahui peranan perusahaan pelayaran / keagenan kapal dalam menangani kedatangan dan keberangkatan kapal di PT Pelayaran Nasional Indonesia Cabang Batam.

Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di PT Pelayaran Nasional Indonesia cabang Batam dari bulan Februari sampai April 2022. Subyek dan informan dalam hal ini antara lain, pemandu, pembimbing prada, kepala-kepala bagian, karyawan atau pegawai Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Strategi pelayanan jasa keagenan pada kapal di PT Pelayaran Nasional Indonesia cabang Batam ialah a) mengutamakan kualitas jasa dalam pelayanan kapal; b) mengelola harapan pemilik kapal (owner);

c) mengutamakan kepuasan pemilik kapal (owner); d) memberikan bukti bukan janji kepada pemilik kapal (owner), dan e) mengembangkan budaya kualitas dalam pelayanan kapal. 2) Teknik dan strategi pengembangan usaha jasa keagenan kapal di PT Pelayaran Nasional Indonesia cabang Batam ialah a) sebelum kapal tiba di pelabuhan, teknik yang harus diberikan adalah memonitor rencana kedatangan kapal di pelabuhan; b) pada waktu kapal tiba dipelabuhan, dilaksanakan pengurusan kepada instansi terkait dipelabuhan; dan c) setelah kapal berangkat dari pelabuhan, dilaksanakanpelaporan kepada General Agent atau principal tentang kapan kapaltiba dipelabuhan. 3) Sebelum kapal Keagenan milik PT Pelayaran Nasional Indonesia cabang Batam tiba / sandar, maka agen operasional wajib membuat Permohonan Pelayanan Kapal dan Barang (PPKB) melaui system website Igateway Pelindo dan Permohonan untuk Jasa Kepanduan (order pilot) dan apabila agen sudah membuat Permohonan PPKB melalui system, maka Pelindo akan menyetujui dan mengeluarkan PPKB yang sudah di approve dan Surat Perintah dan        Bukti Pemakaian Pandu dan Tunda.

Full Text:

PDF

References


Achmad Tanzeh. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras.

Ambar Teguh Sulistiyani, M. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Arifin, Zainal. 2012. Penenlitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara. David, Fred R. 2011. Strategic Management, Buku 1. Edisi 12 Jakarta.

Fahmi, A. 2018. Pelayanan Jasa Keagenan Dalam Hal Menangani Kedatangan Dan Keberangkatan Kapal Penumpang Di Pt. Pelni Cabang Batam. Karya Tulis.

Fandy Tjiptono, & Gregorius Chandra. 2006. Manajemen Pelayanan Jasa. Yogyakarta: Andi Offset

Gurning, Saut Raja Oloan. 2007. Manajemen Bisnis Pelabuhan. APE Publishing, Jakarta

I Made Wirartha. 2006. Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Andi

Karsafman, T., & Prabaningtyas, Y. 2015. Strategi Keagenan Kapal Perintis. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi dan Logistik, 1(2), 247-272.

Kusumadmo, E. 2013. Manajemen Strategik Pengetahuan. Yogyakarta: Cahaya. Atma Pustaka.

Lasse, D.A. 2014. Manajemen Kepelabuhan. Jakarta: RajaGrafindo.

Malau, A. G., & Simatupang, D. 2019. Upaya Meningkatkan Pelayanan Jasa Keagenan Kapal Guna Menambah Jumlah Kunjungan Kapal Pada PT Pertamina TBBM Cabang Pontianak. In Prosiding Seminar Pelayaran dan Teknologi Terapan (Vol. 1, No. 1, pp. 175-185).

Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Moleong Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja.

Rosdakarya. Nawawi, Hadari. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Sunyoto, Danang. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta : CAPS Suranto. 2004. Manajemen Operasional Angkutan Laut dan Kepelabuhan. Jakarta : Pustaka Utama

Suyono, R.P. 2005. Shipping Pengangkutan Intermodal Ekspor Impor Melalui Laut. Jakarta : PPM

Yusnidah, M. P., & Muda, H. 2019. Strategi Meningkatkan Pelayanan Jasa Keagenan Terhadap Kapal Pada PT. Karana Line Cabang Belawan. Journal Of Maritime And Education (Jme), 1(2)




DOI: https://doi.org/10.62826/muara.v7i1.83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.