PENGARUH SERVICESCAPE, SERVICE QUALITY, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SWALAYAN DI KOTA SEMARANG

Ririn Dwi Astuti Kartika Sari, Muhammad Ikhsan Fifaldyovan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji secara empiris pengaruh servicescape, service quality dan persepsi harga terhadap kepuasan konsumen swalayan di kota Semarang. Sampel adalah 100 orang pelanggan swalayan di kota Semarang yang diperoleh secara incidental sampling. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian adalah servicescape dan service quality berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen swalayan di kota Semarang, sedangkan persepsi harga berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen swalayan di kota Semarang.

 

Kata kunci: servicescape, service quality, persepsi harga, kepuasan konsumen

Full Text:

PDF

References


Adi, P.H., Dhiaulhaq, M.I., & Novandari, W. (2019). Customer Satisfaction as The Moderating Variable of Customer Loyalty. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi, 21(1):13-22.

Alexander, Hilda B. (2020, February 13). Masuk 5 Besar, Ritel Indonesia Diprediksi Stabil. Kompas.com. https://properti.kompas.com/

Bitner, M. J. (1992). The Impact of Physical Surrondings on Customer and Employees. Jurnal of Marketing

Hermawan, B., Basalamah, S., Djameren, A., & Plyriadi, A. (2017). Effect of Service Quality and Price Perception on Corporate Image, Customer Satisfaction and Customer Loyalty among Mobile Telecommunication Services Provider. IRA-International Journal of Management & Social Sciences, 8(1): 62-73.

Joshua, T. & Haryadi, E. (2013). Analisis Pengaruh Brand Image, Price Perception dan Service Quality terhadap Customer Loyalty pada Pelanggan Urban Kitchen. Jurnal Manajemen, 1(1): 13-27.

Lovelock, Christopher, Patterson, P. & Wirtz, J. (2016). Services Marketing: anasia-Pasific and Australian Perspective, Sixth Edition. Australia: Pearson

Putri dan Fauzi DH. (2017). Pеngaruh Sеrvicеscapе (Layanan Lingkungan) Tеrhadap Kеpuasan dan Dampaknya Pada Loyalitas (Survеi Pada Pеlanggan Madam Wang Sеcrеt Gardеn Cafе Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 49(2).

Putri, EN., Sunarti, & Ediana Pangestuti (2018). Pengaruh Servicescape terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Toko Oen Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB): 62 (1)

Rahman, M. K., Haque, A., dan Jalil, A. (2014). Factors Affecting Customer Loyalty Through Satisfaction Towards Retail Marketing Strategy : An Exploratory Investigation On Malaysian Hypermarkets. Australian Journal Of Basic And Applied Sciences, 8 (7): 304–322

Ranjbarian, B., Sanayei, A., Kaboli, M.R., & Hadadian, A. 2012. An Analysis of Brand Image, Perceived Quality, Customer Satisfaction and Repurchase Intention in Iranian Departement Stores. International Journal of Business and Management, 7 (6): 40-48.

Razak, I., Nirwanto, N., & Triatmanto, B. (2016). The Impact of Product Quality and Price on Consumer Satisfaction with the Mediator of Customer Value. Journal of Marketing and Management Research, 30: 59-68.

Setyowati, E. & Wiyadi. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Pemediasi. Daya Saing Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, Vol. 18(2), Desember: 102-112.

Singh, P., Katiyar, N., & Verma, G. (2014). Retail Shoppability : The Impact Of Store Atmospherics & Store Layout On Consumer Buying Patterns. International Journal Of Scientific & Technology, 3 (8): 15– 23

Siwi, AR., Supandi, S.S. & SSR Loindong (2017). Pengaruh Servicescape dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Instalasi Rawat Jalan pada Rumah Sakit Prof. Dr. R.D. Kandou Manado. Jurnal EMBA, 5 (2): 475-486.

Suhaily, L. & Soelasih, Y. (2017). What Effects Repurchase Intention of Online Shopping. International Business Research, 10(12): 113-122

Yana, H.F. & Hutasuhut, I.P. (2019). Pengaruh Servicescape terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty: Studi pada Konsumen Warung Nako Bogor. Jurnal ISIP, 16(2):65-74.




DOI: https://doi.org/10.62826/muara.v5i2.64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MUARA | Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional

ISSN : 2715-6583