DETERMINAN MINAT PENGGUNAAN FINTECH

Muhammad Ikhsan Fifaldyovan, Supriyanta Supriyanta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji secara empiris pengaruh kemudahaan, manfaat, fitur layanan, dan risiko terhadap minat menggunakan fintech. Sampel sebanyak 110 orang pemilik UKM di Surakarta yang menggunakan fintech, yang diperoleh secara purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian kemudahan, manfaat, fitur layanan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan fintech; sementara risiko berpengaruh negatif terhadap minat menggunakan fintech.


References


DAFTAR PUSTAKA

Abrilia, N. D., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Fitur Layanan terhadap Minat Menggunakan e-Wallet pada Aplikasi Dana di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 1006–1012. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36014/32030

Asosiasi Fintech Indonesia. (2021). Hand Book Fintech untuk UMKM.

Bank Indonesia. (2018). Mengenal Finansial Teknologi. Departemen Komunikasi Bank Indonesia. https://www.bi.go.id/id/edukasi/Pages/mengenal-Financial-Teknologi.aspx

Davis, F. D., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science, 35(8), 982–1003. https://doi.org/10.1287/mnsc.35.8.982

Dewi, N. M. A. P., & Warmika, I. G. K. (2016). Peran Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat dan Persepsi Risiko terhadap Niat Menggunakan Mobile Commerce di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(4), 2606–2636. https://media.neliti.com/media/publications/251442-peran-persepsi-kemudahan-penggunaan-pers-198c6e75.pdf

Fajar, M., & Larasati, C. W. (2021). Peran Financial Technology (Fintech) dalam Perkembangan UMKM di Indonesia: Peluang dan Tantangan. Humanis (Humanities, Management and Science Proceedings), 1(2), 702–715.

Fernos, J., & Alfadino, M. (2021). Pengaruh Manfaat, Kepercayaan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking pada PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat Cabang Koto Baru, Dharmasraya. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 16(2), 115–125. https://doi.org/10.37301/jmubh.v16i2.19032

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BP Undip.

Jayantari, I. A. A. U., & Seminari, N. K. (2018). Peran Kepercayaan Memediasi Persepsi Risiko terhadap Niat Menggunakan Mandiri Mobile Banking di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(5), 2621–2651. https://media.neliti.com/media/publications/255127-peran-kepercayaan-memediasi-persepsi-ris-457317e8.pdf

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi Offset.

Marisa, O. (2020). Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, dan Risiko Berpengaruh terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology. Jurnal Adminnistrasi Kantor, 8(2), 139–152.

Mowen, J. C. & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen. Jilid I. Alih Bahasa: Lina Salim. Jakarta: PT Erlangga.

Noviyanti, A., & Erawati, T. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan dan Efektivitas terhadap Minat Menggunakan Financial Technology (Fintech): Studi Kasus UMKM di Kabupaten Bantul. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Indonesia, 4(2), 65–74.

Nurdin, Azizah, W. N., & Rusli. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Kemudahan dan Risiko terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Finansial Technology (Fintech) pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Jurnal Perbankan Dan Keuangan Syariah, 2(2), 199–222. https://doi.org/10.24239/jipsya.v2i2.32.198-221

OJK. (2021). Fintech. OJK. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Documents/Pages/FAQ-Terkait-Layanan-Pinjam-Meminjam-Uang-Berbasis-Teknologi-Informasi---Kategori-Umum/FAQ LPMUBTI - Kategori Umum.pdf

Pavlou, P. (2001). Consumer Intentions to Adopt Electronic Commerce: Incorporating Trust and Risk in the Technology Acceptance Model. DIGIT, 2. https://aisel.aisnet.org/digit2001/2/

Peraturan Bank Indonesia Nomor 19/12/PBI/2017 tentang Penyelenggaraan Teknologi Finansial

Prakosa, A., & Sumantika, A. (2020). Analisis Technology Acceptance Model pada Pengguna Dompet Digital di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Manajemen, 10(2), 137–146.

Prasetya, H., & Putra, S. E. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat dan Risiko pada Minat Penggunaan e-Money di Surabaya. Jurnal Dinamika Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 151–158. https://ejournal.unisnu.ac.id/JDEB/article/view/1340/pdf

Rahardyan, A. (2021). Minat Investasi di Fintech P2P Lending? Simak Dulu Tips Berikut! Bisnis.Com. https://finansial.bisnis.com/read/20210812/563/1428986/minat-investasi-di-fintech-p2p-lending-simak-dulu-tips-berikut

Rithmaya, C. L. (2016). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Sikap, Risiko dan Fitur Layanan terhadap Minat Ulang Nasabah Bank BCA dalam Menggunakan Internet Banking. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 16(1), 160–177. https://doi.org/10.17970/jrem.16.160110.id

Romadloniyah, A. L., & Prayitno, D. H. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Daya Guna, Persepsi Kepercayaan, dan Persepsi Manfaat terhadap Minat Nasabah dalam Menggunaan e-Money pada Bank BRI Lamongan. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi, 3(2), 699–711. https://doi.org/10.30736/jpensi.v3i3.163

Setiawan, A., Rofingatun, S., & Patma, K. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahaan Penggunaan, Efektivitas, Risiko terhadap Minat dan Penggunaan Financial Technologi (Fintech) dengan Minat sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Daerah, 15(2), 34–49. https://doi.org/10.52062/jakd.v15i2.1623

Suyanto, & Kurniawan, T. A. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Penggunaan FinTech pada UMKM dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Akuntansi & Manajemen Akmenika, 16(1), 175–186. https://doi.org/10.31316/akmenika.v16i1.166

Syafitri. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Fitur Layanan terhadap Minat Menggunakan Financial Technology (Fintech) pada Aplikasi OVO (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UPGRIS Angkatan 2016-2019). Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu), 4, 1008–1036.

Umaningsih, W. P., & Wardani, D. K. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, dan Keamanan terhadap Niat Menggunakan e-Money. JAE: Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi, 5(3), 113–119. https://doi.org/10.29407/jae.v5i3.14057

Yahyapour, N. (2008). Determining factors affecting Internet to adopt banking recommender system [Lulea University of Technology]. https://www.diva-portal.org/smash/get/diva2:1022238/FULLTEXT01.pdf

Yanto, W., Baskor, E., & Fitriani. (2020). Pengaruh Manfaat, Kemudahan dan Keamanan terhadap Minat Pemakaian Financial Technology pada Aplikasi OVO sebagai Digital Payment: Studi Kasus Mahasiswa FEB Universitas Muhammadiyah Metro. Jurnal Akuntansi AKTIVA, 1(1), 96–109. https://doi.org/10.24127/akuntansi.v1i1.335

Yogananda, A. S., & Dirgantara, I. M. B. (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Persepsi Risiko terhadap Minat untuk Menggunakan Instrumen Uang Elektronik. Diponegoro Journal of Management, 6(4), 1–7.




DOI: https://doi.org/10.62826/muara.v4i2.48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MUARA | Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional

ISSN : 2715-6583