PENGARUH ASMETRI INFORMASI, LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP MANAJEMEN LABA RIIL (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Indeks JII Periode 2004-2013)

Noviana Puspitasari

Abstract


Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menganalisis pengaruh asimetri informasi, leverage dan profitabilitas terhadap manajemen laba riil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris bahwa asimetri informasi, leverage dan profitabilitas terhadap manajemen laba riil pada perusahaan manufaktur go public yang tergabung dalam Indeks LQ-45 dan JII.

Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 181 perusahaan untuk indeks LQ-45 dan 163 perusahaan untuk JII. Teknik pengamilan sampel dengan metode Purposive Sampling.

Metode analisis data yang digunakan adalah regresi liniear berganda sedangkan uji statistik dengan menggunakan Uji R2 , Uji F dan Uji t(pengujian hipotesis).

Hasil dari penelitian ini menunjukkan untuk indeks LQ-45 asimetri informasi berpengaruh terhadap manajemen laba riil, leverage dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap manajemen laba riil sedangkan untuk indeks JII asimetri informasi tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, leverage dan profitabilitas berpengaruh terhadap manajemen laba.


References


Elfira, Anisa. 2014. Pengaruh Kompensasi Bonus Dan Leverage Terhadap

Manajemen Laba(Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yangterdaftar Di Bursa Efekindonesia Tahun 2009-2012). Skripsi. Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Padang.

Fazeli, Yasin S & Habib A. Rasouli. 2011. “Real Earnings Management And The Value Relevance Of Earnings”. International Research Journal Of Finance And Economics ISSN: 1450-2887 Issue 62.

Ferdawati. 2009. Pengaruh Manajemen Laba Real Terhadap Nilai

Perusahaan : Jurnal Akuntansi & Manajemen Vol 4 No 1 Juni 2009.

Ghozali, Imam. 2001, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, 2001.

Gujarati, Damodar; 2001; Ekonometrika Dasar, Penerbit Erlangga Jakarta.

Jensen, Michael C. dan W.H. Meckling. 1976. Theory of The Firm: Manajerial Behavior, Agency Cost and Ownership Structure. Joumal of Financial Economics 3: pp. 305-360.

Madli. (2014).”Pengaruh Ukuran Perusahaan, Return On Asset, Debt To Equity Ratio Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Proprti dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008 - 2012”. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Purwandari, Indri Wahyu dan Drs. H. Mohammad Kholiq Mahfud, M.Si. Analisis Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance, Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Praktek Manajemen Laba (Earning Management) (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang tercatat pada Bursa Efek

Indonesia periode 2005-2009).

Putra, Putu Adi; Ni Kadek Sinarwati, dan Ari Surya Darmawan. 2014. Pengaruh Asimetri Informasi Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Praktek Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Volume: 2 No: 1 Tahun 2014.

Roudotunnisa, Ida. 2009. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Manajemen Laba Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index. Skripsi. Fakultas Syariah Program Studi Keuangan Islam Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga.

Ujiyantho, Moh. Arief dan Bambang Agus P. 2007. “Mekanisme Corporate Governance, Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan” ,Simposium Nasional Akuntansi X.

Ulfah,Faoziah, Yeni Januarsi dan Bustanul Arifin. 2010. Perbedaan Kecenderungan Pengungkapan Corporate Social Responsibility: Pengujian Terhadap Manipulasi Akrual Dan Manipulasi Real. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Roychowdhury, S. 2006. Earnings Manajement Through Real Activities Manipu-Iation. Journal of Accounting and Economics, 42: pp. 335-370.

Subekti, Imam, Anita Wijayanti dan Komarudin Akhmad. 2010. The Real and Accruals Earning Management: Satu Perspektif Dari Teori Prospek. SNA XII Purwokerto: Universitas Soedirman Purwokerto.

Sulistyanto, Sri. 2008. Manajemen Laba : Teori dan Model Empiris. Edisi pertama. Jakarta : Grasindo.

Suriyani, Putu Putri, Gede Adi Yuniarta dan Ananta Wikratama T.A. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Laba (Sudi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Peride Tahun 2008-2013). E-journal S1 Ak, Jurusan Akuntansi Program S1 Vol. 3 No. 1 tahun 2015. Universitas Pendidikan Ganesha.

Tarigan, Theresia Christina. 2011. Pengaruh Asimetri Informasi, Corporate Governance, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Praktik Manajemen

Laba (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei 2008-2010). Skripsi. Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

Tyasari, Irma. 2009. Asimetri Informasi Dan Praktik Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Modernisasi, Volume 5, Nomor 3, Oktober 2009. Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang.

Widyanindyah, Agnes Utari, 2001. Analisis Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Earnigs Management Pada Perusahaan Go Public Di Indonesia. Jurnal Akuntansi.




DOI: https://doi.org/10.62826/muara.v2i1.12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MUARA | Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional

ISSN : 2715-6583