IMPLEMENTASI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PT SEMEN GROBOGAN

Ririn Dwi Astuti Kartika Sari, Nur Anisa Paramita

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai implementasi K3 di PT Semen Grobogan yang bergerak di bidang manufacturing atau produksi dan telah memiliki Sistem Manajemen Keselamatan Kesehatan Kerja yang cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya data kecelakaan kerja pada perusahaan sejak awal tahun 2020 pada saat perusahaan memulai proses produksi. Selain itu PT. Semen Grobogan telah memiliki sertifikasi  ISO (International Standardization Organizatio) 9001 walaupun dengan waktu berdiri perusahaan kurang dari 8 tahun serta ISO sendiri dapat menguatkan perusahaan untuk membuktikan diri bahwa sistem keamanan perusahaan serta kualitas produknya sesuai dengan derajat tertentu yang sudah ditetapkan secara internasional. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan cara pencandraan dan menghubungkan data-data yang diperoleh di lapangan dengan teori yang digunakan. Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan K3 yang maksimal dan upaya-upaya yang selama ini diterapkan di PT Semen Grobogan.


References


Adawiah, R., Mardiyono, M. Irfan Islamy (2010). Work Protection for Female Labors (A Study on the Implementation of the Policy of Job Safety and Health at the PT. Sarikaya Sega Utama in Banjarbaru, South Kalimantan), Tesis, Program Pasca Sarjana, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, Malang.

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara ,2000, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung. PT, Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta.

Bogdan, Robert dan Steven Taylor. 1992. Pengantar Metode Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional

Ervianto, W. (2002). Manajemen Proyek Konstruksi, Edisi Revisi, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Fitriana, R. (2010). Usaha Konstruksi Diminta Perhatikan Pekerja, Berita dan Peristiwa Jamsostek, www.jamsostek.co.id/content/news.php?id=1087.

Kementerian Tenaga Kerja, & Transmigrasi. Peraturan Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Nomor 01 Tahun 2007 Tentang Pedoman Pemberian Penghargaan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3). Jakarta : s.n.

Razuri, C., Luis F. Alarcón and Sven Diethelm (2007). Evaluating The Effectiveness of Safety Management Practices and Strategies in Construction Projects, Proceedings IGLC-15, July 2007, Michigan, USA, p271-281.

Rifandy, A. (2010). Pengelolaan K3 Pada Industri Pertambangan, Forum Bebas Indonesia, www.forumbebas.com/forum-139-page-1.html.

Salim, Peter dan Yenny Salim. 2002. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press.




DOI: https://doi.org/10.62826/muara.v6i2.76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MUARA | Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional

ISSN : 2715-6583