EFEKTIVITAS PELAYANAN KEBUTUHAN KAPAL FERRY PADA PT. ASDP INDONESIA FERRY (PERSERO) DI PELABUHAN PADANGBAI

Wening Nalurita, Rifaldy Rifaldy

Abstract


Persaingan dan tuntutan masyarakat mengenai jasa logistik pelayaran yang optimal mendorong pentingnya perusahaan jasa ini membangun dan meningkatkan pelayanan yang efektif. Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan kebutuhan logistik kapal ferry, faktor yang mempengaruhi dan efektifitasnya pada PT. ASDP Indonesia Ferry (Pesero) di Pelabuhan Padangbai.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deksriptif kualitatif. Informan adalah manajer dan staf operasional PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) di Pelabuhan Padangbai. Data diperoleh menggunakan wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Analisis data menggunakan analisis kualitatif.

Hasil penelitian adalah (1) kebutuhan logistik dari kapal ferry pada PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) di Pelabuhan Padangbai meliputi BBM, air tawar, alat navigasi kapal, dan peralatan K3, (2) faktor yang mempengaruhi pelayanan kebutuhan logistik kapal ferry adalah posisi kapal, ketaatan terhadap peraturan, ketersediaan bungker BBM, lahan parkir, lahan pengisian BBM, dan loket penjualan tiket, (3) PT. ASDP Indonesia Ferry (Pesero) di Pelabuhan Padangbai cenderung sudah efektif dalam memberikan pelayanan kebutuhan kapal ferry karena mampu memberikan pelayanan yang baik, dilakukan pengawasan rutin, memiliki sistem logistik, serta pelaksaan jasa pengisian BBM kapal dan pengisian air tawar untuk kapal berjalan dengan baik.


References


Abbas, S.H.A. (1993). Manajemen Transportasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Beni. (2016). Konsep dan Analisis Efektifitas Pengelolaan Keuangan Daerah di Era Otonomi. Jakarta: Tausia.

Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Indeks.

Mardiasmo. (2017). Perpajakan. Yogyakarta: Andi.

Maspaitella, D.C. (2021). Analisis Kebutuhan Kapal Ferry Di Pelabuhan Laut, Provinsi Maluku (Study Kasus Pelabuhan Ferry Hunimua - Waipirit). Jurnal Manumata, 7(2):1-14.




DOI: https://doi.org/10.62826/muara.v6i2.75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MUARA | Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional

ISSN : 2715-6583