ANALISIS PENGARUH KUALITAS SDM, SARANA FISIK DAN KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN (Studi Pada Kantor Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo)

Triyanto Triyanto, Sudarmadi Sudarmadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji secara empiris pengaruh Kualitas SDM, Komunikasi dan Sarana Fisik terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Pada kantor Kecamatan Mojolaban. Sampel adalah 100 orang yang menggunakan jasa layanan di Kantor Kecamatan Mojolaban yang diperoleh secara proporsional sampling. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian adalah kualitas SDM, sarana fisik dan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan signifikan terhadap kepuasan pengguna layanan di Kantor Kecamatan Mojolaban.

 

Kata kunci: kualitas SDM, komunikasi, sarana fisik, kepuasan konsumen


Full Text:

PDF

References


Akbar, I. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sarana Dan Prasarana Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Industri Perhotelan Di Banda Aceh, Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Danim, S. (1996). Transformasi Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Hermanto. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Sdm Bank Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah: Studi Pada BPRS Berkah Ramadhan. Jurnal Etikonomi, 12(1).

Koontz, H., O’Donneld, C., Weihrich, H. (1996). Manajemen. Alih Bahasa: Antarikso, A. Firman, Agus Dharma, Hendardi. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. dan Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Edisi Ketiga Belas. Terjemahan: Bob Sabran, Jakarta: P Erlangga

Kurniawati, D. (2008). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada KPRI Universitas Brawijaya Malang, Malang: Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.

Moekijat. (1993). Teori Komunikasi. Bandung: Mandar Maju

Mustika. (2013). Analisis Pengaruh Komunikasi Organisasi Dan Komitmen Keorganisasian Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT. BTPN Tbk KCP Pasar Baru Merangin. Jurnal Dinamika Manajemen, 1(3).

Paripurna, I.G.D. (2013). Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Komunikasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis.

Pertiwi. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kinerja Produk dan Kinerja SDM Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Asuransi Jiwa di Kabupaten Sintang. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(4).

Riswardani. (2013). Pengaruh Fasilitas, Biaya dan Promosi terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 14(2).

Ritanto, H. (2015). Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Kepuasan Pelanggan di Pegadaian (Persero) Cabang Tanjungpinang. Tanjungpinang: STIKOM Tanjungpinang.

Soebiyantoro. (2009). Pengaruh Ketersediaan Sarana Prasarana, Sarana Transportasi Terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal Manajemen Pemasaran, 4(1):16-22.

Tjiptono, F. (2008). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: ANDI.




DOI: https://doi.org/10.62826/muara.v5i2.65

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MUARA | Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional

ISSN : 2715-6583