PROSEDUR PENANGANAN IMPOR FISH MEAL ANALOG SECARA FULL CONTAINER LOAD PADA CV DUA PUTERA

Sri Dweni Astuti, Abraham Gunawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur penanganan impor fish meal analog secara FCL pada CV Dua Putera, dokumen-dokumen yang dibutuhkan dan kendala yang dihadapi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan informan dari SDM CV Dua Putera. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian adalah CV Dua Putera menggunakan FCL sebagai prosedur penanganan impor fish meal analog.  Dokumen yang digunakan dalam penanganan impor fish meal analog secara FCL. Dokumen-dokumen yang dibutuhkan meliputi commercial invoice, packing list, PIB, certificate of analysis, D/O, notice of arrival, SPPB, surat keterangan bebas biaya masuk, test report, COO, catch certificate, asuransi, health certificate, surat terima dokumen, surat persetujuan pengeluaran media pembawa dari pemasukan (KID-07), dan lift of. Kendala yang dihadapi adalah kesalahan informasi, keterlambatan dokumen, dan kesalahan dokumen serta jumlah barang tidak sesuai dengan dokumen.

 

Kata kunci: prosedur impor, full container load


Full Text:

PDF

References


Hasoloan, J. (2013). Peranan Perdagangan Internasional dalam Produktifitas dan Perekonomian. Edunomic, Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(2):102-112.

Luhur, E.S., Deswati, R.H., Apriliani, T, and Arthatiani, F.Y. (2021). Driving Factors of Indonesian Import of Fish Meal. 4th International Symposium on Marine Science and Fisheries, 860.

Sukirno, S. (2010). Pengantar Teori Makroekonomi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Wijono. (2005). Ekonomi Internasional. Yogyakarta: BPFE.




DOI: https://doi.org/10.62826/muara.v5i2.60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MUARA | Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional

ISSN : 2715-6583