FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN PADA APOTEK MBENGKAL SEHAT

Hidup Marsudi, Triyanto Triyanto

Abstract


Terjadinya trend penurunan pembelian di Apotek Mbengkat Sehat menjadi indikasi menurunnya minat konsumen, dan jika hal ini dibiarkan akan berpengaruh terhadap kelangsungan apotek. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, keberagaman produk dan harga terhadap minat beli.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel adalah 100 orang konsumen Apotek Mbengkal Sehat, yang diperoleh secara incidental sampling. Data diperoleh menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian adalah kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen apotek Mbengkal Sehat (t hitung = 4,035 dan p = 0,000), keberagaman produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen apotek Mbengkal Sehat (t hitung = 2,956 dan p = 0,004), harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen apotek Mbengkal Sehat (t hitung = 3,202 dan p = 0,004). Hal ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen apotek Mbengkal Sehat dari urutan yang dominan adalah kualitas pelayanan, harga dan keberagaman produk.


References


Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Aptaguna, Angga dan Pitaloka, Endang 2016, “Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek”. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol.3,49-56.

Arief. 2007. Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Malang: Bayumedia Publishing

Assauri, Sofjan. 2009. Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Dewi, Chandra. dan Nuryati. 2014, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Minat Beli Konsumen di Rumah Makan Boga-Bagi Surakarta”. Jurnal Informatika, Vol.1, No.2, 2337-5213

Dwityanti, Esthi. 2008. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen terhadap Layanan Internet Banking Mandiri: Studi Kasus pada Karyawan Departemen Pekerjaan Umum Jakarta. Tesis (Tidak Dipublikasikan). Semarang: Prodi Magister Manajemen, UNDIP.

Engles, James F., Blackwell, Roger D., dan Miniard, Paul W. 1994. Perilaku Konsumen. Penerjemah FX Budiyanto. Jakarta: Binarupa Aksara.

Faradiba, Sri Rahayu Tri Astuti. 3024. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen: Studi pada Warung Makan Bebek Gendut Semarang. Jurnal Manajemen Universitas Pandanaran Semarang, Vol.3, No.3, 1-11.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: BP UNDIP.

Fure, Hendra., 2013, “Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca”. Jurnal EMBA, Vol.1, No.3, 273-283

Kolopita, Dani Advincent. dan Soegoto, Agus Supandi. 2015, “Analisis Atribut Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Mobil Suzuki Ertiga di Kota Manado”. Jurnal EMBA, Vol.3, No.2, 12-24

Kotler, Philip. dan Amstrong, Gary. 2014. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: PT Erlangga.

Laheba, Yitzhak Armando, Willem J.F. Alfa Tumbuhan, Djurwati Soepeno. 2015. “Pengaruh Citra Merek, Fitur Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung”. Jurnal EMBA Vol.3, No.3, 99-108

Mongi, Lidya, Lisbeth Mananeke, dan Agusta Repi, 2013. “Kualitas Produk, Strategi Promosi dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Telkomsel di Manado”, Jurnal EMBA, Vol.1, No.4, 2336-2346

Nasution, M. Nur. 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Jakarta: PT Erlangga.

Ramadhan, Agung Fajar. dan Suhadi. 2016, “Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, dan Keberagaman Produk Terhadap Minat Beli Konsumen: Studi Kasus Minimarket Koperasi Karyawan Pura Group Kudus”. Bisnis, Vol.4, No.2, 186-204.

Tjiptono, Fandy. 2014. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MUARA | Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional

ISSN : 2715-6583