PELAYANAN PENUMPANG PADA KAPAL PESIAR MS SEABOURN ENCORE OLEH OPERASIONAL KEAGENAN PT BAHARI EKA NUSANTARA CABANG SEMARANG

Supriyanta Supriyanta, Febrianto Nur Syafii

Abstract


Pelayanan penumpang kapal pesiar oleh operasional keagenan PT Bahari Eka Nusantara Cabang Semarang masih terdapat kendala sehingga menghambat kegiatan keagenan,Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Pembayaran terkait pelayanan kapal yang tidak efisien, Kurangnya fasilitas pelayanan penumpang kapal pesiar. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pelayanan penumpang pada kapal pesiar MS. Seabourn Encore oleh operasional keagenan PT Bahari Eka Nusantara Cabang Semarang, Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang terjadi selama pelaksanaan pelayanan penumpang kapal pesiar MS. Seabourn Encore oleh operasional keagenan PT Bahari Eka Nusantara Cabang Semarang.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di PT Bahari Eka Nusantara Cabang Semarang dari bulan Februari 2018 sampai dengan bulan Mei 2018. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan studi pustaka. Data yang telah terkumpul kemudian dilakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Sedangkan informan yang dijadikan penelitian adalah staff operasional, staff keuangan, dan karyawan freelance.

Hasil penelitian ini adalah: pelayanan penumpang pada kapal pesiar MS. Seabourn Encore oleh operasional keagenan PT Bahari Eka Nusantara Cabang Semarang. Pelayanan penumpang kapal pesiar dimulai dari tahap persiapan pelayanan penumpang kapal pesiar, pelaksanaan pelayanan penumpang kapal pesiar, dan terlayaninya penumpang kapal pesiar. Dalam pelaksanaan pelayanan penumpang kapal pesiar masih terdapat beberapa hambatan, hambatan tersebut yaitu pembayaran terkait pelayanan kapal yang tidak efisien dan kurangnya fasiltas pelayanan kapal pesiar.


References


Brata. 2003. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Prima.

Capt. R. P. Suyono.2003. SHIPPING Pengangkutan Intermoda Ekspor Impor Melalui Laut. Jakarta: PPM.

Damardjati, R.S. 1995. Istilah-istilah Dunia Pariwisata. Jakarta: PT. Pradnya Paramitha.

H.A Abbas Salim.1993. Manajemen Transportasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Keputusan MENPAN No.63/KEP/M.PAN/7/

Tentang Kegiatan Pelayanan Umum atau Publik.

Loina. 2001. Hubungan Masyarakat Membina Baik Dengan Publik. Bandung: CV Lalolo.

Moelong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.

Moenir. 1997. Manajemen Pelayanan Umum di IndonesiaI. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Perhubungan No 21 Tahun 2007 Tentang Sistem dan Prosedur Pelayanan Kapal, Barang dan Penumpang Pada Pelabuhan Laut Yang di Selenggarakan Oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kantor Pelabuhan.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 37 Tahun 2015 dan Tambahan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 119 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Penumpang Angkutan Laut di Terminal.

S. Handayaningrat. 1998. Pengantar Studi dan Administrasi. Jakarta: Haji Masagung.

Soewarno. 2007. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manjemen. Jakarta: Haji Masagung.

Yoeti. 1999. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MUARA | Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional

ISSN : 2715-6583