UPAYA PENGURANGAN DEMURRAGE TERHADAP PELAKSANAAN BONGKAR MUAT KAPAL CHEMICAL TANKER PADA PT SAMUDERA INDONESIA JAKARTA

Shinta Mardiana Dewi, Mustaqim Majid

Abstract


Demurrage merupakan bentuk pengenaan denda karena kapal melebihi batas waktu yang telah ditentukan.Mengenai permasalahan dari penelitian ini adalah sering kali terjadinya tempat pembongkaran muatan di Jetty penuh yang menyebabkan kapal tertunda untuk kegiatan bongkar atau muat dan waktu kapal sandar yang lama sehingga menyebabkan terjadinya demurrage kapal chemical tanker.Tujuan penelitian ini adalah 1) Tercapainya target waktu (laycan) kegiatan di lapangan ketika kapal chemical tanker melaksanakan bongkar atau muat 2) Memaksimalkan kegiatan bongkar atau muat kapal chemical tanker guna mengurangi adanya demurrage.

            Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.Penelitian ini dilaksanakan di PT. Samudera Indonesia Jakarta pada bulan Januari sampai Juli 2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Sedangkan informasi dalam penelitian ini adalah staf operasional PT. Samudera Indonesia Jakarta.

            Dari hasil Penelitian nantinya diharapkan dapat memberikan solusi atau masukan kepada perusahaan yaitu 1) Upaya yang dilaksanakan untuk mencapai target waktu (laycan)dalam bongkar atau muat kapal chemical tanker yakni:   a) Berjalannya koordinasi ke agen dengan baik sesuai dengan persetujuan owner ship dan pencharter, b) Penyandaran posisi kapal yang cepat dan tepat waktu untuk kelancaran kegiatan di dermaga, dan c) Terlaksananya operasi bongkar muat alih kapal ke kapal (ship to ship)2) Maksimalnya kegiatan bongkar muat terkait usaha untuk penguranganadanya demurrage kapal chemical tanker yaitu a) Penunjukan agen untuk shipment kapal yang baik dan benar sesuai permintaan dari pencharter b) Terlaksananya kegiatan tankcleaning untuk mempercepat proses muat dan bongkar kapal.


References


Anggraini Amalia 2019. Perencanaan dan Penyusunan Muatan Pada Kapal Landing Craft Tank (LCT), Jurnal Logistic Indonesia, (online), Vol 3, No 1 pp. 10-28, ITL Trisakti. Jakarta

Badarusman Berlian, Eryana Gartika 2016. Hambatan Bongkar Muat Scrap Waktu Sandar Kapal diDermaga Terminal Multipurpose Tanjung Priok. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Logistik Vol 2 No 2 Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi. Jakarta

Hanum Zubaidah, Riswana Dina. 2014. Tinjauan Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Bongkar Muat Pelabuhan Indonesia 1 Cabang Belawan.Jurnal Bisnis Administrasi Vol.3 No.2 Politernik LP31. Medan

Harmaini, Wibowo. 2010. Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Kapal Di Pelabuhan Tanjung Emas.Jurnal FTEKNIK Sipil Universitas Diponegoro. Semarang

Lisva Argeomerta. 2017. Pengembangan Model Simulasi Diskrit Untuk Menurunkan Demurrage Cost Di Pelabuhan Khusus Minyak dan Gas. Jurnal Fakultas Teknik Institute Teknologi Sepuluh November. Surabaya

Ma’ruf Buana 2014, Inovasi Teknologi Untuk Mendukung Program Tol Laut dan Daya Saing Industri Kapal Nasional, Seminar Nasional Teknologi Terapan ke-2 ITATS. Surabaya

Maris Maretsa Yordhi 2011. Pengaruh Waktu Sandar Kapal MT Sinar Tokyo Terhadap Kegiatan Bongkar Muat di Pelabuhan Tanjung Priuk. Skripsi STIP Jakarta.

Muhammad Kharisma Iyori. 2017. Analisis Kinerja Berth Time.Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Surabaya

Mukminin Amirul. 2010. Kelayakan Pengembangan Pelabuhan Belawan Menjadi Pelabuhan Hubungan Internasional Dengan Menggunakan Metode Sistem Dinamik.Jurnal Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Depok

Rizal, M. Husni 2015. Simulation Ship LoadingProcess At PT Wina Port To Minimize Demmurage. Jurnal Thesis Volume 3 No.1Fakultas Teknik Institute Teknologi Sepuluh November. Surabaya

Safrianda Muhammad, Rinaldi, Fatnanta Ferry. 2016. Analisis penyebab keterlambatan bongkar muat barang akibat factor peralatan. Jurnal FTEKNIK volume 3 No 2 Universitas Riau. Pekanbaru

Setiawan Kurnia. 2018. Peran Syahbandar Dalam Penerapan Standar Keselamatan Pelayaran.Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Politik Universitas Negeri Maritim Raja Ali Haji. Tanjung Pinang

Yusuf Chandra Motik. 2009. Perubahan Paradigma Dari Kontinental ke Maritim Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan Maritim. Syllabus Hukum Maritim Universitas Indonesia. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.62826/muara.v3i1.25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MUARA | Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional

ISSN : 2715-6583