KINERJA SHIP PLANNER PADA PT JANGKAR PACIFIC CABANG SEMARANG

Noviana Puspitasari, Erin Wahyuni

Abstract


Kinerja ship planner dalam menunjang kelancaran pemuatan container diatas kapal MV. Kota Jasa di PT. Jangkar Pacific dapat dilihat dari hasil kinerja dari ship planner apakah berjalan dengan efisien ataukah ada hambatan-hambatan yang mempengaruhi hasil dari kinerja ship planner itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kinerja planner dalam pemuatan container ke atas kapal dengan cara membuat pre-plan di PT. Jangkar Pacific cabang Semarang dan untuk mengetahui adakah hambatan apa saja yang dihadapi planner PT. Jangkar Pacific cabang Semarang dalam pemuatan container ke atas kapal dengan cara membuat pre-plan.

Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian deskriptif ini dilaksanakan di PT. Jangkar Pacific Semarang dilakukan selama 7 bulan dari Bulan November 2018-Mei 2019. Dengan menggunakan teknik data seperti observasi untuk melihat langsung kegiatan bongkar muat, wawancara, dan dokumentasi

Hasil penelitian ini adalah kegiatan ship planner sejak kapal tiba sampai keluar pelabuhan dari tahap menerima jadwal kedatangan kapal, koordinator antara planner , pengajuan pre plan, klarifikasi jumlah muatan, monitoring kegiatan bongkar muat, menyerahkan final loading dan pengurusan empty container import (jika ada). Dalam kegiatan pemuatan container terdapat hambatan yang menghambat kinerja ship planner yaitu seperti container dari SOC (shipper owned container) yang sudah masuk ke Container yard (CY) belum melakukan booking request ke perusahaan pelayaran dan terjadi kerusakan pada container sebelum dan sesudah dikapalkan.


References


Abdullah, M. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Penerbit Aswaja Pressindo

Amstrong, M dan Baron, A. Performance Management Handbook. IPM, London

Febri Arin Putra, Mochammad Al Musadiq dan Yuniadi Mayowan. 2016. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja (Studi Pada Karyawan Perusahaan Air Minum Daerah) (PDAM) Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis.

Hamdani, 2003. Seluk Beluk Perdagangan Ekspor Impor. Jakarta: Yayasan Bina Usaha Niaga Indonesia

Herujito, Yayat M. 2004. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: PT. Grasindo.

Lasse, D.A. 2012. Manajemen Peralatan Aspek Operasional dan Perawatan. 1st ed. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Moeheriono, 2012. Pengukuran Kinerja berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sedarmayanti, 2007. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Penerbit Mandar Maju

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian: Bandung

Suyono, R. P. 2003. Shipping. 1st ed. Jakarta: PPM.

Triatmodjo, Bambang. 2009. Perencanaan Pelabuhan. Yogyakarta: Beta Offset Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MUARA | Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional

ISSN : 2715-6583