PROSES KEGIATAN OPERASIONAL PELAYANAN KAPAL ASING DI PT SAMUDRA RAYA LINE SURABAYA

Bambang Heru Marwoto, Hanang Firmansyah

Abstract


Permasalahan dalam proses kegiatan operasional kapal asing yaitupelayanan kapal asing harus mendapat perhatian besar dari agen kapal karena itu setiap masalah pelayanan harus dapat diatasi dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui aktivitas operasional dalam hal pelayanan kapal asing oleh jasa keagenan PT Samudra Raya Line, 2) Untuk menjelaskan hambatan yang terjadi selama pelaksanaan pelayanan kapal asing.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di PT Samudra Raya Line. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara wawancara (interview), observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan informan (narasumber) yang dijadikan penelitian adalah pegawai yang terdiri dari direktur, petugas bagian operasional dan pembimbing prada di PT Samudra Raya Line.

Hasil penelitian ini adalah: 1) Proses kegiatan operasional pelayanan kapal asing di PT Samudera Raya Line terdiri dari serangkaian tahap antara lain: persiapan,pelaksanaan pelayanan kapal di pelabuhan, evaluasi proses kegiatan operasional pelayanan kapal asing di PT Samudra Raya Line Surabaya. 2) Secara umum proses kegiatan operasional pelayanan kapal umum proses kegiatan operasional pelayanan kapal asing di PT Samudra Raya Line telah berjalan lancar meskipun demikian masih ada beberapa hambatan yang perlu mendapatkan perhatian antara lain, kurangnya petugas operasional di PT Samudra Raya Line, terdapat 1 petugas operasional yang bekerja di perusahaan ini dari sekian banyaknya pekerjaan yang ada dan kurangnya alat-alat penunjang pekerjaan di PT Samudra Raya Line,terdapat masing-masing 1 mesin fotocopy, 1 mesin scan, 1 mesin ketik manual, 1 almari arsip

 

Kata Kunci: proses kegiatan, operasional, pelayanan kapal asing


References


Brata. 2003. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Prima

Feriyanto,Andri,. 2015. Perdagangan Internasional. Kebumen: Mediatera.

Firdiansyah Suryawan, Ryan. 2013. Pengantar Kepabeanan, Imigrasi, dan Karantina. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Istopo. 1992. Unimoda dan Multimoda Tranport: Angkutan Barang Terpadu Darat, Laut, dan Udara. Jakarta: Yayasan INFFA.

Radiks, Purba. 1981. Angkutan Muatan Laut. Jilid 3. Komersial Angkutan Laut. Jakarta: Bhratara Karya Aksara.

Salim, Abbas. 1993. Manajemen Tranportasi. Jakarta: Rajawali Press.

Salim, Abbas. 1995. Manajemen Pelayaran Niaga dan Pelabuhan. Jakarta: Pustaka Jaya.

Sugiarto W. 1981. Pokok-Pokok Shipping Organization & Management. Jakarta: Akademi Maritim Indonesia.

Sutjadmiko. 1979. Pokok-Pokok Pelayanan Niaga. Jakarta: PT Gunung Agung.

Suyono. 2001. SHIPPING Pengangkutan Intermoda Ekspor Impor Melalui Laut. Jakarta: PPM

Widyahartonom, Bob 1986. Manajemen Transportasi. Jakarta: Penerbit Karunika Universitas Terbuka.

Peraturan Menteri Perhubungan No.21 tahun 2007 tentang Sistem dan Prosedur Pelayanan Kapal, Barang dan Penumpang pada Pelabuhan Laut yang di selenggarakan oleh unit Pelaksana Teknis (UPT) Kantor Pelabuhan.

Undang-Undang No.17 Tahun 2008 tentang Pelayaran




DOI: https://doi.org/10.62826/muara.v2i2.15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MUARA | Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional

ISSN : 2715-6583